September 20, 2007

Tipe-tipe Variables

Di Java, terdapat 2 macam tipe variable

Primitive data type
Primitive data type ini adalah tipe variabel sederhana dan sudah dikenal secara umum
Contohnya : int, boolean, long dll

Reference data type
Reference data type ini menggunakan class sebagai tipe datanya. Hal ini berarti variable tersebut membentuk sebuah object baru dengan tipe class tersebut.
Contoh :
Bicycle myBike = new Bicycle();


ini artinya kita membuat sebuah variable myBike yang bertipe Bicycle. Dan hal ini juga berarti bahwa kita telah membuat sebuah object Bicycle baru. Class Bicycle yang telah ada sebelumnya dapat diartikan sebagai sebuah blueprint atau gambar rancangan.
Seperti di dunia nyata, saat kita merancang sebuah sepeda, masih belum ada sepeda yang tercipta. Begitu pula saat kita membuat class Bicycle, masih belum ada object Bicycle yang tercipta.
Referenced variable menginstansi class tipenya dengan mengalokasikan space di memory untuk object tersebut. Dan apabila sebuah variable lain dibuat, maka variable lain tersebut akan mengalokasikan alamat memory yang lain.

Contoh :
Bicycle myBike = new Bicycle();
Bicycle yourBike = new Bicycle();


Contoh di atas berarti di memory komputer kita terdapat dua object Bicycle, yaitu myBike dan yourBike.

Note :
Apabila kita hanya menulis :
Bicycle myBike;


itu berarti bahwa masih belum tercipta sebuah object baru. Sama dengan di dunia nyata, kita masih belum membuat sepeda baru, tapi kita masih memberi gambaran bahwa sepeda kita akan dibuat dengan blueprint yang sudah kita buat. Keyword new-lah yang kemudian mengalokasikan memory untuk object baru kita.

Note (again) :
int myNumber;

BERBEDA dengan
Integer myNumber;


int myNumber hanyalah variabel dengan tipe data primitif int yang hanya bisa menampung data integer, sedangakan Integer myNumber adalah sebuah object dengan class Integer baru yang memiliki fungsi2 / method2 sama seperti yang ada di class Integer.

3 comments:

Obat Penghilang Kerutan Di Wajah Tradisional said...

good job gan,artikel ini sangat menarik sekali untuk disimak,keren deh ,,tentunya kami mempunyai wawasan baru yang kami dapatkan setelah membacanya,thanx yah :-)

abang gowes said...

membantu banget buat yang baru belajar gan

keep it up terus membagi ilmunya

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli said...

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK CEKK...